Skip to main content
Image
ilustrasi permaisuri masako, kaisar naruhito dan raja charles 3

Tanpa Paspor Tiga Orang Ini Bisa Keliling Dunia

Body

Tanpa paspor tiga orang ini bisa keliling dunia, siapakah ke tiga orang sakti itu? Semua orang tentunya wajib paspor ketika bepergian ke luar negeri. Tetapi, kewajiban itu tidak berlaku bagi tiga orang tokoh di dunia ini.

Ya, ketiganya tidak membutuhkan paspor karena memiliki gelar istimewa.  Siapakah mereka? Mereka tak lain adalah: Raja Charles III dari Inggris, Kaisar Naruhito dan istrinya Permaisuri Masako dari Jepang.

Hak istimewa ini juga berlaku bagi raja atau ratu Inggris Raya pendahulu Raja Charles III. Demikian pula dengan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako, para pendahulu kaisar dan permaisuri Jepang, mereka semua juga tidak perlu paspor jika ke luar negeri.

Mengutip News18, alih-alih membawa paspor, Raja/Ratu Kerajaan Inggris hanya membawa dokumen yang dikeluarkan di atas nama mereka. Dokumen itu menyatakan bahwa "Sekretaris Kerajaan Inggris meminta atas nama Yang Mulia agar semua orang yang berkepentingan untuk mengizinkan pembawa dokumen ini melewati wilayah mereka dengan bebas tanpa hambatan atau halangan dan untuk memberi bantuan dan perlindungan yang mungkin diperlukan."

Dalam kasus Jepang, dokumen kementerian bertanggal 10 Mei 1971 menginformasikan bahwa akan sangat tidak pantas mengeluarkan paspor untuk Kaisar atau Permaisuri. Dokumen tersebut juga menambahkan bahwa sangat tidak pantas bagi Kaisar untuk menjalani prosedur imigrasi atau visa menggunakan paspor sebagai warga negara biasa.

Sementara itu menurut laporan, istri Raja Inggris Permaisuri Camilla tidak memiliki hak yang sama dan tetap diharuskan memiliki paspor diplomatik. Dalam kasus Jepang, paspor diplomatik dikeluarkan untuk anggota keluarga Kekaisaran lainnya, termasuk putra mahkota dan putri.

Dalam kasus Jepang, Kaisar dan Permaisuri hanya diminta untuk menyimpan dokumen kementerian untuk diri mereka sendiri. Sama seperti Inggris, kementerian luar negeri di Jepang memberitahu negara yang dituju sebelum Kaisar dan Permaisuri tiba.

Raja Charless III

Dalam kasus Raja Charles III, sekretaris pribadinya, Sir Clive Alderton, telah dipercayakan dengan tanggung jawab ini. Menurut sebuah laporan, Sir Clive Alderton telah menjadi salah satu penasihat terpercaya dan paling dicintai Raja dan Ratu Camilla sejak 2006, setahun setelah pernikahan mereka pada 2005.

raja charless III

Untuk keluar negeri, Pimpinan Kerajaan Inggris hanya perlu membawa dokumen yang dikeluarkan atas nama mereka. Dokumen itu menyatakan permintaan pihak Kerajaan Inggris untuk mengizinkan rajanya berpergian ke sebuah negara.

"Sekretaris Kerajaan Inggris meminta atas nama Yang Mulia agar semua orang yang berkepentingan untuk mengizinkan pembawa dokumen ini melewati wilayah mereka dengan bebas tanpa hambatan atau halangan dan untuk memberi bantuan dan perlindungan yang mungkin diperlukan," demikian bunyi dokumen itu, sebagaimana dilaporkan oleh banyak sumber.

Dokumen tersebut biasanya disiapkan oleh sekretaris pribadi Raja Charles, Sir Clive Alderton. Menurut sebuah laporan, Sir Clive Alderton telah menjadi salah satu penasihat terpercaya dan paling dicintai Raja dan Ratu Camilla sejak 2006, setahun setelah pernikahan mereka pada 2005.

Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako

kaisar naruhito, permaisuri masako bersama presiden jokowi dan istri

Untuk kaisar dan permaisuri Jepang, dokumen kementerian tertanggal 10 Mei 1971 menginformasikan bahwa akan sangat tidak pantas mengeluarkan paspor untuk keduanya.

Dokumen tersebut juga menambahkan sangat tidak pantas bagi Kaisar untuk menjalani prosedur imigrasi atau visa menggunakan paspor sebagai warga negara biasa.

Kaisar dan Permaisuri Jepang hanya diminta untuk menyimpan dokumen kementerian untuk diri mereka sendiri. Sama seperti Inggris, kementerian luar negeri di Jepang memberi tahu negara yang dituju sebelum Kaisar dan Permaisuri tiba.

Meski demikian, keistimewaan ini tidak dimiliki oleh anak-anak kaisar. Mereka tetap memiliki paspor dinas.

Sumber: CNBC Indonesia

About

Body

Amanah Legal Express siap melayani jasa pengurusan paspor baru, revisi data paspor, penggantian paspor rusak, paspor hilang, habis halaman atau habis masa berlakunya dengan tarif wajar dan terjangkau tanpa biaya tersembunyi. 
Short URL > bit.ly/birojasapaspor